Personal profile Facebook vs Fanpage
Lebih baik jualan menggunakan personal profile?
Atau saya harus membuat Fanpage?
saya ingin menjelaskan dulu apa itu personal profile dan apa itu fanpage.
Personal profile adalah profil pribadi akun Facebook kita.
Akun yang biasanya kita gunakan untuk berinteraksi langsung dengan teman-teman di Facebook, bisa add friend, bisa unfriend, bisa gabung grup dan lain-lain.
Jikalau fanpage, itu adalah halaman khusus dengan berbagai kategori yang sudah disediakan Facebook untuk kita sesuai kebutuhan.
Apakah mau digunakan untuk branding, untuk jualan (sebagai toko online), untuk blogging, untuk website dan lain-lain.
Jelasnya bisa baca di forum materi ya. Lengkap dijelaskan mulai dari cara bikin fanpage sampai cara mengelolanya.
Lalu kalau mau jualan bagusnya dimana? Personal profile atau fanpage?
Dua-duanya bisa namun strategi yang digunakan haruslah berbeda.
Jika Anda jualan menggunakan akun personal, maka Anda harus "manusiawi". Ingat, orang tidak suka dijuali.
Jadi sebelum Anda jualan menggunakan akun pribadi, perbanyak dulu sharing dan interaksi dengan teman-teman Facebook Anda.
Jika Anda menggunakan fanpage, silahkan beriklan dengan FB Ads untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.
Yang saya suka dari Facebook Advertising
Seperti yang Anda tahu, sumber traffik (baca: pengunjung) untuk toko online Anda itu bisa banyak sekali.
SEO, Social Media (organik), Paid traffic / traffik berbayar seperti Facebook Ads, Google Adwords, Linked-in Ads dan lain-lain.
Saya sendiri banyak menggunakan Facebook Ads sebagai channel marketing saya.
Bukan tanpa alasan kenapa sampai sekarang Facebook masih menjadi primadona buat saya :D
Kita kupas yuk!
1. Tepat sasaran
Dengan FB Ads, Anda bisa beriklan ke calon customer 'impian' Anda. Mau berdasarkan jenis kelamin, berdasarkan rentang usia, tingkat pendidikan bahkan statusnya yang masih jomblo pun bisa. #AHA
2. Murah
Dibandingkan dengan media pemasaran konvensional lainnya, FB Ads termasuk sangat murah.
Coba Anda cari tahu berapa biaya yang dibutuhkan untuk sekali pasang iklan di media cetak.
Bahkan dengan 20ribu sehari saja Anda bisa mulai beriklan di Facebook dan bisa menjangkau lebih dari 2000 orang! WOW!
3. Dapat feedback berupa data
Di FB Ads tidak ada istilah rugi karena Anda mendapatkan data sekalipun belum terjadi penjualan ketika Anda beriklan.
Dari data itu Anda bisa evaluasi kinerja iklan Anda, bisa Anda gunakan untuk kebutuhan menjalankan kampanye berikutnya dsb.
4. Mudah untuk discale-up
Ketika Anda menemukan kampanye yang profit, Anda bisa menscale-up atau meningkatkan jumlah transaksi Anda dengan mudah.
Daya ungkit di Facebook sendiri terbilang sangat tinggi.