Relevance score merupakan salah satu metrik yang cukup penting untuk diabaikan di dalam beriklan menggunakan Facebook Ads.
Facebook selalu mengedepankan user experience / pengalaman pengguna Facebook itu sendiri maka Facebook selalu mencoba menampilkan iklan yang tepat pada audiens yang tepat.
Relevansi iklan dengan target audiens sangat menentukan bagaimana Facebook menampilkan iklan Anda.
Bagaimana relevance score bekerja?
Relevance score dihitung dari positive feedback dan negative feedback dari iklan yang disajikan ke target audiens.
Semakin banyak interaksi positif yang diterima iklan tersebut, maka relevance score akan semakin tinggi.
Lalu apa saja yang dimaksud dengan interaksi positif?
Bermacam-macam tergantung dari objektif kampanye iklan Anda misalkan konversi, video view dan lain sebagainya.
Semakin sering iklan Anda disembunyikan atau dilaporkan oleh target audiens Anda, maka skor relevance ini akan semakin rendah.
Relevance score diberi nilai 1-10 yang dimana 10 adalah nilai paling tinggi.
Skor akan diupdate seiiring dengan interaksi dan feedback yang didapatkan oleh iklan tersebut.
Tips : Jika Anda ingin menjangkau sebanyak mungkin orang dengan mengesampingkan relevance score, Anda bisa mencoba objektif kampanye di bagian brand awareness karena objektif di brand awareness lebih difokuskan untuk menjangkau orang daripada 'mencari' orang untuk melakukan suatu tindakan seperti konversi, video views dan lain-lain.
Kenapa relevance score penting?
Relevance score bisa Anda manfaatkan sebagai berikut :
1. Memperluas jangkauan iklan Anda karena semakin tinggi relevance score, maka akan berimbas ke biaya jangkauan Anda / CPM.
2. Testing ad creative untuk menentukan creative seperti apa yang lebih bisa diterima oleh target audiens Anda.
3. Mengoptimasi campaign yang sedang berjalan. Jika relevance score Anda semakin hari semakin menurun, itu tandanya Anda sudah harus mengganti targeting Anda, produk Anda atau ad creative Anda.
Semoga bermanfaat