3 elemen dari berhasilnya iklan di Facebook


3 elemen dari berhasilnya iklan di Facebook

saya akan membahas 3 elemen keberhasilan sebuah iklan.

Sebenarnya tidak hanya di Facebook saja, tapi berlaku untuk semua jenis iklan :)

1. Audiens

Jika di Facebook Ads, audiens ada di bagian adset.

Anda tentunya harus memahami siapa dulu calon customer ideal Anda.

Apa kebiasaan mereka, berapa rentang usia mereka, jenis kelamin, apa yang mereka sukai, dan lain sebagainya.

Semakin detail semakin baik karena Anda tidak akan berhasil jika iklan Anda nyasar kemana-mana.

Budget Anda akan terkuras habis sia-sia!

2. Adcopy dan image

Ad copy maksudnya adalah copywriting atau bahasa penawaran yang Anda gunakan di iklan Anda.

Bagaimana cara membuat bahasa penawaran yang menarik.

Selain itu, image atau gambar yang digunakan sebagai bahan iklan Anda juga sangat penting.

Bahkan saya sering split test iklan dengan variabel gambar 1, gambar 2, gambar 3 dst.

Apa itu split test? Saya bahas di email berikutnya ya.

3. Produk

Sebuah produk yang bagus bisa menyelamatkan adcopy yang jelek. Ya, Anda tidak salah baca.

Percuma jika penawaran Anda sudah heboh dan gila tapi produk Anda cacat.

Beda halnya jika produk Anda keren, unik dan sangat bermanfaat tetap akan bisa laku jika disandingkan dengan adcopy dan image yang biasa-biasa saja.

Produk itu penting!

Bidding, schedule dan budget

Bidding di dalam Facebook Ads tidak jauh berbeda dengan istilah yang kita kenal dengan penawaran pada umumnya.

Ketika kita menjalankan sebuah campaign dengan Facebook Ads, maka kita sebenarnya sedang ikut serta dalam auction (lelang) dan kita melakukan yang namanya bidding.

Bidding di Facebook Ads sendiri terbagi 2 :

1. Automatic Bid 
2. Manual Bid

Automatic Bid artinya Facebook akan mengoptimalkan iklan Anda dengan penawaran yang cocok di harga serendah mungkin. Harga yang akan 'deal' atau yang akan Anda dapatkan nantinya tergantung dari berbagai variabel tentunya mulai dari tingkat kompetisi pasar, seberapa menariknya iklan Anda dll.

Manual Bid artinya Anda memerintahkan Facebook untuk menerima penawaran Anda di harga yang Anda inginkan. (seberapa Anda mau membayar untuk sebuah result)

Fitur schedule di Facebook sendiri bisa Anda manfaatkan untuk mengatur kapan iklan Anda mau ditayangkan / mau diberhentikan.

Sedangkan budget adalah anggaran iklan Anda.

Budget sendiri terbagi menjadi daily budget dan lifetime budget.

Daily budget : anggaran harian, Facebook hanya akan menghabiskan kurang lebih sebesar yang Anda anggarkan tiap harinya.

Lifetime budget : anggaran seumur hidup, Facebook akan mengoptimasi spending iklan Anda hingga nominal yang Anda tentukan. Spending setiap harinya akan berbeda karena Anda memberikan Facebook ruang untuk spend budget Anda. Gunakan pixel untuk retargeting



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »