Customer sudah mulai nge-add pin BBM, nomor Whatsapp, atau Line dan mulai Tanya-tanya?
Selamat, kurang sedikit lagi mereka bakalan order.
Nah supaya mereka cepetan order dan segera transfer, gunakan trik ini :
1. SELALU SELIPKAN EMOTICON “SMILE” DI SETIAP CHATTING
Jika customer mulai Tanya-tanya atau menghubungi Anda via chat atau SMS, jangan pelit untuk memberikan emoticon “smile” di akhir kalimat atau chat.
Begitu juga ketika Anda membalas komentar customer di Facebook atau Instagram.
Jika Anda pelit memberika emoticon smile, kesan yang tertangkap di benak customer adalah Anda adalah penjual yang jutek dan pelit informasi.
Sedangkan jika Anda sering memberi emoticon smile, mereka akan merasa bahwa Anda adalah penjual yang ramah, nyaman, dan enak untuk ditanyai soal produk dan hal apapun yang kurang mereka ketahui tentang produk yang akan dibeli.
Customer tentunya bakalan lebih suka bertanya atau chat dengan penjual yang ramah dong.
Bayangkan jika penjualnya judes, jawabnya singkat-singkat, dan tidak pakai emoticon smile sama sekali.
Customer bakalan merasa tidak nyaman dan memilih untuk mencari online shop lain.
2. YANG BERTANYA = YANG MENANG
Sering terjadi calon customer menghubungi Anda untuk menanyakan produk.
Setelah itu dia diam dan tidak kunjung order.
Jika customer mulai diam dan tidak chat lagi, bisa jadi ia masih mikir-mikir lagi, mau beli atau tidak.
Nah kita sebagai penjual bertugas untuk bertanya balik ke customer.
Tanyakan apa pendapat dia dengan produk Anda.
Temukan titik keraguannya dan bantu ia menjawab keraguannya dengan menjelaskan tentang manfaat dan kelebihan produk/online shop kita.
Sah-sah saja jika kita menanyakan kebutuhan customer seperti apa, kendala dan keraguan dia apa sehingga menyebabkan ia tidak lagi membalas chat Anda.
Bisa juga Anda mulai dengan bertanya seperti ini,
”Gimana, sis? Bagaimana menurut sista tentang produk kami? Adakah informasi yang kurang jelas? Adakah hal lain yang bisa saya bantu?”
3. GUNAKAN BAHASA YANG SAMA SEPERTI CUSTOMER
Setiap customer memiliki bahasa chat dan berkomunikasi sendiri-sendiri.
Ada customer yang sudah terbiasa berbelanja online sehingga dia paham dengan istilah-istilah belanja online seperti “Payment Gateway, direct transfer, mobile banking, 50% off, Buy 1 get 1 free, free ongkir, “ dan masih banyak lagi.
Ada juga customer yang masih baru berbelanja online sehingga dia masih awam dengan istilah-istilah yang biasa dipakai dalam toko online Anda.
Bukan berarti mereka bodoh atau tidak berniat beli.
Tugas kita adalah memberikan informasi yang selugas-lugasnya, seinformatif mungkin, dan senyaman mungkin untuk mereka supaya mereka paham dan bisa bertransaksi online dengan nyaman.
Jika ada customer yang tidak paham lalu nanya “Sis, maksudnya 10% off itu apa?”
ya jangan dijawab “Ya sista bakalan get 10% off jika bla bla bla …
”Seharusnya dijawab “Oh itu maksudnya sista bakal dapat potongan harga sebesar 10% jika blab la bla bla.”
Masih banyak lagi.